Kubah Diameter Besar

Rabu, 27 Agustus 20140 komentar

* Kubah Masjid ini tampak indah dan cantik dengan pilihan atap steel enamel (Kubah enamel) dengan bentuk, motif dan warna yang cantik. Untuk membuat kubah dengan diameter besar (kubah besar) dan indah memerlukan aturan managemen tersendiri yang harus dijalani tahap demi tahap secara disiplin dan teliti.

Pertama-tama dari tahap desain bangunan masjid tersebut harus juga dikerjakan oleh ahlinya. Tentunya dengan perencana yang matang dalam menginspirasi sebuah bangunan masjid, sehingga dalam desainnya juga harus memperhatikan berbagai macam unsur. Baik mengandung unsur seni budaya daerah tersebut atau unsur seni bangunan perpaduan antara budaya lokal dan arab atau perpaduan dengan budaya lainnya. Tahap selanjutnya adalah faktor kekuatan dari banguan tersebut, tentunya perhitungan dudukan kubah harus dihitung secara matang karena akan menanggung beban kubah yang besar dan berat. Dan disinilah keuntungan dari sistem kubah panel steel enamel maupun sistem kubah panel zincalume/galvalume powder coating dimana sistem tersebut membuat kubah besar menjadi tidak seberat kubah beton atau grc. Tahap selanjutnya adalah tahap desain kubah. Dalam mendesain kubah masjid kami juga harus memperhatikan unsur seni kubah dan kekuatan kubah. Untuk seni kubah baik motif kubah maupun warna kubah itu harus melalui persetujuan yang ketat dari berbagai pihak yang terkait. Selanjutnya untuk kekuatan kubah juga harus dikerjakan secara teliti, sehingga bisa memunculkan spesifikasi teknis dari bangunan kubah besar tersebut. Tahap selanjutnya adalah Fabrikasi Kubah yang meliputi fabrikasi rangka kubah dan produksi atap kubah steel enamel (Teflon). Tahapan terakhir adalah tahapan pemasangan kubah atau erection kubah yang meliputi tahapan-tahapan sebagai berikut:


*Pemasangan rangka kubah masjid diameter 19 meter dengan metode cepat tanpa scafolding aman dan praktis.
*Pemasangan rangka pendukung atap steel enamel dan rangka pendukung plafond kalsiboard.

*Tampak dari depan rangka kubah selesai 100%.
*Pemasangan skafolding untuk pemasangan plafond kalsiboard bermotif.
Untuk tampilan plafond standard expose rangka (tampak rangka) tidak perlu menggunakan scaffolding.
*Pemasangan plafond kubah  berbahan kalsiboard yang kemudian akan di cat airbrush dengan berbagai macam motif pilihan.
*Pemasangan atap ke satu (lapis atap pertama) yaitu atap kedap air.
*Atap kedap air terpasang 100%. Jadi untuk atap sistem kami memang ada dua lapis atap, atap pertama adalah atap kedap air dan atap ke dua adalah atap panel baik atap steel finish enamel Teflon atau atap zincalume/galvalume finish powder coating khusus exterior dengan anti uv. Dua lapis atap tersebut mempunyai jarak atau space yang berguna untuk meredam panas dan juga berguna untuk peredam suara.
*Pemasangan atap steel enamel menggunakan tali panjat yang dimaksudkan agar pekerjaan pemasangan atap tersebut lebih teliti dikarenakan fleksibelitas tenaga pemasang lebih leluasa dan posisi drilling bisa tegak lurus.
*Pemasangan atap steel enamel menggunakan screw berbahan khusus sehingga keawetannya bisa sama dengan garansi atap steel finishing enamel itu sendiri yang mendapatkan garansi dari pabrik pengecatan enamel(Teflon) selama 20 tahun.

Share this article :
 
Support : Creating My Email | My Work | My Steel
Copyright © 2014. kubah masjid - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger